Monday, April 22, 2013

MAKALAH MACROMEDIA FLASH


MAKALAH MACROMEDIA FLASH




Disusun Oleh              :
·         Agus Makmur Manurung                                                  : 1160100151




PROGRAM STUDI TEHNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEHNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIAH BENGKULU
2013

2013/2014 

Kata Pengantar 

Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha esa atas berkat dan karuniaNya ,sehigga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik, 

Makalah yang saya buat ini tentang macromedia flash ,semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua, makalah ini saya buat dengan menggabungkan dari berbaai sumber , sehingga dalam pembuatan makalah ini mahasiswa di tuntut keterampilan nya, dan kerja keras nya 

Saya tahu bahwa makalah ini belum sempurna oleh karena itu Untuk menyempurnakan makalah saya ini ,saya sangat mengharap kan saran dari anda semua,




Bengkulu 20 April, 2013 

Penyusun 

DAFTAR ISI 



· KATA PENGANTAR 
· DAFTAR ISI 
· SEJARAH MACROMEDIA FLASH 

1. Peluncuran future wave4 

2. Membuat flash 

3. Macromedia 

4. Adobe 

· PENGERTIAN FLASH 
· KEGUNAAN ,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH 
· TAMPILAN AWAL MACROMEDIA FLASH 
· TOOLBOX 
· KESIMPULAN 


SEJARAH MACROMEDIA FLASH 

Sejarah flash dapat di telusuri kembali ke tahun 1980-an ,ketika siswa SMA jonathan gay menggunakan computer apple II yang sudah tua umurnya , untuk membuat gambar program computer.Dia mengajukan dan mengikut sertakan program yang di kenal sebagai Superpaint dalam pameran sains sekolah . Setelah dia menang program buatan nya menarik perhatian bagi pengembang software local Charlie Jackson. Jakson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan yang di kenal sabagai Silicon Pantai Software , yang akan menghsilkan program untuk jenis computer Macintosh . Dengan sedikit dana yang tersedia untuk mempekerjakan para pengembang ber[egalaman ,jackson gay di sewa untuk membantu menciptakan program – program nya. 

Ø PELUNCURAN FUTURE WAVE 

Gay bekerja di silicon beach sampai akhir kuliah. Ian mengembangkan sejumlah permainan computer untuk perusahaan,termasuk yang popular “Dark Castle” dan juga sebuah program ilustrasi yang di sebut Intellidraw.Dengan menggunakan keterampilan grafis animasi nya ,lalu ia belajar mengembangkan program – program nya ,Gay memutuskan untuk memulai perusahaan nya sendiri dan membuat perangkat lunak untuk computer pena /pen (sebuah tablet elektronik yang bias di pakai untuk menulis dengan pena khusus ). Ia mendirikan Future Wave Software pada januari 19993 dengan segera membuat SmartSkect. Program ini memungkin kan pengguna untuk menggarbar secara elektronik pada computer mereka dan sedikit berhasil , karena Gay terlambat masuk ke pasar tersebut sehingga salah saingan dengan senior – senior nya. 

Ø MEMBUAT FLASH 

Pada tahun 1995, para pengembang di Future Wave menyadari potensi untuk menggunakan animasi SmartSkect sebagai alat.Pada waktu itu internet dan world wide web adalah konsep yang relative baru.Gay dan tim nya menambah kan fitur animasi dan java pada SmartSkect nya yang menamai nya sebagai Future splash Animator .Program ini merupakan versi pertama dari program flash yang kita gunakan saat ini .Sebelum peluncuran Futuresplash , Gay memutuskan dia akan lebih sukses jika bermitra dengan perusahaan yang lebih besar.Dia berbicara dengan Adobe dan fractal Designs.Tetapi mereka berdua tertarik dan berkesan dengan program buatan jonathan Gay. 

Ø MACROMEDIA 

Futeure Splash animator yang begitu sukses di pasar computer dan Microsoft mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan percaya bahwa futuresplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan tertinggi . Disney online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan situe mereka. Pada bulan November 1996 Macromedia menawarkan untuk membeli program dan pada bulan desember Gay menerimanya.Macromediamemmendekkan nama produk tersebut menjadi flash dan memmpekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President. 


Ø ADOBE 

Selama decade berikut nya ,Macromedia merilis versi delapan flash. Pada tahun 2005 ,program ini sudah di lengkapi dengan berbagai fitur / tool untuk melakukan streaming music dan video dan secar luas digunakan untuk berbagai aplikasi animasi dan grafis . Pada akhir tahun 2005 Adobe systems mengakui sisi Macromedia , termasuk program Flash mereka yang telah berjalan lebih dari satu tahun decade sebelumnya .Pada tahun 2007 ,Adobe meluncurkan versi baru yang dikenal sebagai Flash CS3 ,yang dimulai sebagai bagian dari Adobe Creative Suite Paket.Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk dibangku sekolah. 


PENGERTIAN FLASH 

Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional. 

III.Riwayat produk sampai awal 2010 

v Futuresplash Animator (10 April 1996) 

v Flash 1(Desember 1996) 

v Flash 2 (Juni 1997) 

v Flash 3 (31 Mei 1998) 

v Flash 4 (15 Juni 1999) 

v Flash 5 (24 Agustus 2000) 

v Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002) 

v Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0 

v Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0 

v Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003) 

v Flash Basic 8 (13 September 2005) 

v Flash Professional 8 (13 September 2005) 

v Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0 

v Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008) 

v Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper) 





KEGUNAAN ,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH 

1. KEGUNAAN MACROMEDIA FLASH 

· membuat presentasi 

· membuat aplikasi 

· membuat animasi 

· membuat konten video 

· membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus 

2. KELEBIHAN MACROMEDIA FLASH 

· Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak. 

· Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik 

· Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi 

· Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone. 

· Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA. 

· Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish) 

· Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol 

· Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup. 

· Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor. 

· Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format 

2.KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH 

· Waktu belajarnya lama apalagi bagi yang belum pernah menggunakan 

software desain grafis sebelumnya. 

· Grafisnya kurang lengkap. 

· Lambat login. 

· Kurang Simpel. 

· Menunya tidak user friendly. 

· Perlu banyak referensi tutorial. 

· Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit. 

· Bahasanya pemrogramannya agak susah. 

· Belum ada template di dalamnya. 

· Ukuran file besar. 




TAMPILAN AWAL MACROMEDIA FLASH 

Macromedia Flash 8 maka akan tampil seperti gambar di bawah ini : 


Perhatikan pada kotak dialog di tengah-tengah: 

1. Open a Recent Item : membuka file berekstensi .fla yang terakhir anda buka di flash. 

2. Create New : membuat file flash baru. Terdapat 7 pilihan tapi pada seluruh tutorial di sini menggunakan Flash Document. 

3. Create from template : membuat file flash baru dengan template yang sudah disediakan. 

Selanjutnya klik pada Flash Document. 


Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini : 


1. Menu Bar : kumpulan perintah-perintah operasi pada flash. 

2. Toolbox : kumpulan tool yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda pada setiap toolnya 

3. Timeline : digunakan untuk mengatur frame, layer dan durasi animasi. 

4. Stage : halaman kerja pada flash. 

5. Library : panel yang digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat. 

6. Properties : panel yang digunakan untuk menampilkan informasi 

7. Color Mixer : panel yang digunakan untuk memilih warna. 

8. Align & Info & Transform : panel yang digunakan untuk mengubah ukuran dan mengatur letak objek. 

Menu Bar 

Menu bar berisi kumpulan menu yang memiliki beragam fungsi. Letaknya berada di bar judul. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya : 


Gambar dan letak menu bar 

1. File : berisi kumpulan menu yang berhubungan pada dokumen flash anda. Misalnya menu save untuk menyimpan dokumen flash anda. 

2. Edit : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan objek di stage. Misalnya menu select all yang digunakan menyeleksi seluruh objek di stage 

3. View : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan tampilan di stage. Misalnya menu zoom in yang digunakan untuk memperbesar tampilan stage 

4. Insert : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan timeline, symbol serta scene. Misalnya menu scene digunakan untuk menambahkan scene pada dokumen flash anda 

5. Modify : berisi kumpulan menu yang digunakan untuk mengedit objek di stage. Misalnya menu convert to symbol yang digunakan untuk membuat objek menjadi symbol 

6. Text : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan huruf. Misalnya menu font yang digunakan untuk memilih jenis huruf. 

7. Commands : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan flash javascript. Misalnya menu run command yang digunakan untuk menjalankan flash javascript. 

8. Control : berisi kumpulan menu yang digunakan untuk melihat hasil animasi/objek yang anda buat. Misalnya menu play yang digunakan untuk menjalankan animasi di timeline. 

9. Window : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan panel-panel di flash. Misalnya menu actions yang digunakan untuk menampilkan panel actions. 

10. Help : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan tutorial dan cara menggunakan flash. Misalnya menu flash help yang digunakan untuk menampilkan panel berisi tutorial dan cara menggunakan flash. 






TOOLBOX 

Berisi kumpulan tool yang memiliki beragam fungsi. Apabila panel ini belum muncul anda dapat melakukan salah satu dari 2 cara di bawah ini: 

1. Melalui menu bar Window>Tools 

2. Menekan Ctrl+F2 pada keyboard. 


Tampilan pada toolbox 

1. Selection Tool digunakan untuk memilih dan menyeleksi objek. Tekan tombol V pada keyboard untuk mengaktifkannya 

2. Subselection Tool fungsinya hampir sama dengan selection tool tapi lebih detail. Tekan tombol A pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

3. Free Transform Tool digunakan untuk mengubah ukuran dan rotasi objek. Tekan tombol Q pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

4. Gradient Transform Tool digunakan untuk mengubah ukuran dan rotasi warna/fill. Tekan tombol F pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

5. Line Tool digunakan untuk membuat garis. Tekan tombol N pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

6. Lasso Tool digunakan untuk untuk menyeleksi objek. Tekan tombol L pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

7. Pen Tool digunakan untuk membuat garis dengan titik-titik bantu. Tekan tombol P pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

8. Text Tool digunakan untuk membuat static, dynamic, dan input text. Tekan tombol T pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

9. Oval Tool digunakan untuk membuat objek berbentuk lingkaran. Tekan tombol O pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

10. Rectangle Tool digunakan untuk membuat objek berbentuk persegi. Tekan tombol R pada keyboard untuk mengaktifkannya. Selengkapnya…

11. Polystar Tool tombol ini muncul jika anda klik dan tahan tombol Rectangle Tool dan pilih polystar Tool. Digunakan untuk membuat objek berbentuk persegi dengan jumlah segi yang sudah ditentukan. 

12. Pencil Tool digunakan untuk membuat garis. Tekan tombol Y pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

13. Brush Tool digunakan untuk menggambar shape dengan kuas yang sudah ditentukan. Tekan tombol B pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

14. Ink Bottle Tool digunakan untuk mewarnai dan merubah warna garis. Tekan tombol S pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

15. Paint Bucket Tool digunakan untuk mewarnai dan merubah warna shape objek. Tekan tombol V pada keyboard untuk mengaktifkannya. Tekan tombol K pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

16. Eyedropper Tool digunakan untuk mengambil contoh warna. Tekan tombol I pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

17. Eraser Tool digunakan untuk menghapus objek. Tekan tombol E pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

18. Hand Tool digunakan untuk menggeser tampilan stage. Tekan tombol H pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

19. Zoom Tool digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan stage. Tekan tombol M atau Z pada keyboard untuk mengaktifkannya. 

20. Stroke Color digunakan untuk memilih warna garis. 

21. Fill Color digunakan untuk memilih warna shape objek. 

22. Black & White digunakan untuk membuat warna hitam pada Stoke Color dan warna putih pada Fill Color. 

23. No Color digunakan untuk menghilangkan warna pada Stroke atau Fill Color. 

24. Swap Color digunakan untuk menukar warna antara Stroke Color dan Fill Color. 




KESIMPULAN 

Dengan di buat nya makalah ini dapat disimpulkan bahwa : 

· Perkembangan macromedia flash berkembang sangat pesat. 

· Macromedia flash dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

· Macromedia flash bisa mempermudah pekerjaan. 

· Macromedia flash bisa di gunakan dalam bidang bisnis, pendidikan ,dll. 

No comments:

Post a Comment